Thursday, March 26, 2020

Tanya Dokter THT Tentang Cara Mengatasi Telinga yang Berdenging

Tanya Dokter THT

Telinga pada manusia terdiri atas telinga bagian dalam, tengah dan luar. Telinga bagian luar memiliki daun telinga dan liang telinga. Liang telinga terbuat dari tulang rawan yang lebih elastis dan bagian liang memiliki cekungan dan bagian pinggiran. Daun telinga terdiri dari spiral, antiheliks, heliks, fosa skafoid, fosa segitiga, antitragus, lobule, tragus dan crura antiheliks. Telinga tengah memiliki fungsi untuk mampu mengantarkan suara yang telah terkumpul pada liang telinga menuju telinga dalam. Bagian telinga berbentuk memanjang hingga menuju membran timpani. Telinga dalam dengan fungsi untuk keseimbangan serta membantu penyaluran suara menuju sistem saraf pusat dan jika memiliki masalah pada telinga maka dapat tanya dokter THT  .

Berikut adalah ciri adanya masalah pada telinga:

Adanya suara yang berdenging atau berdesis merupakan tanda adanya tinitus, kejadikan ini akibat dari rusaknya organ sensorik pada bagian telinga dalam, kerusakan ini bisa disebabkan oleh sumbatan kotoran telinga, infeksi dan paparan dari suara keras, dapat juga disebabkan oleh adanya efek samping obatan.
Keluarnya cairan telinga warna kuningan karena infeksi atau gendang telinga pecah, apabila cairan yang keluar adalah darah maka menjadi penyebab penyakit serius seperti adanya pembuluh darah yang pecah pada telinga dan cedera kepala.
Pendengaran menjadi berkurang, gangguan ini memiliki sifat sensorineural dan konduktif, gangguan ini karena hantaran udara yang berasal dari telinga bagian luar menuju telinga tengah disebabkan oleh adanya gendang telinga pecah, infeksi dan kotoran telinga, penybabnya dapat disebabkan oleh stroke, kelainan bawaan dan presbiakusis.

Selain itu, merasakan nyeri tiada henti hingga ke bagian kepala penyebabnya oleh infeksi pada liang telinga dan telinga tengah. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh benda asing yang masuk dalam telinga dan infeksi pada tulang mastoid. Pusing merupakan gangguan yang menyebabkan tingkat keseimbangan pada telinga menimbulkan gejala, sensasi melayang, merasakan berputar dan hilang keseimbangan, kondisi ini kerap disebut sebagai vertiga perifer.

Otitis media merupakan masalah pada bagian telinga tengah yang menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Masalah telinga terjadi karena pembengkakan karena pilek, alergi dan pernapasan dan jika tidak ditangani akan menjadi masalah serius. Tinnitus merupakan penyakit telinga berdengin dan akan merusak ujung mikroskopik pada telinga bagian dalam dan biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Telinga perenang yang terjadi pada bagian telinga luar karena air masuk dalam telinga sehingga telinga menjadi lembab atau terjadi ketika sedang mandi.

Berikut adalah cara menangani masalah telinga berdenging:

Mengulum permen ketika pesawat akan mendarat sehingga akan membuat udara masuk hingga bagian tabung eustachian.
Mengatur pernapasan dengan mulut dan sembari memencet bagian hidung, cara ini akan membuat udara masuk dengan lembut menuju tabung eustachian.
Jika pesawat tidur usahakan tidak sedang tidur dan pastikan dibangunkan oleh pramugari atau kunyah dan hisap permen sehingga tetap menjaga masuknya oksigen dalam telinga.
Menguap akan membantu valsava manufer yang mendorong masuk udara dalam tabung sehingga tidak terasa sakit.

Berdasarkan tanya dokter THT untuk menjaga telinga sebaiknya menghindari suara bising sehingga akan mampu mencegahnya presbikusis. Jika berada dekat suara keras selama beberapa menit sebaiknya gunakan perlindungan, resiko ini biasanya terjadi jika bekerja pada industri berat, pekerja konstruksi, petugas pemadam kebakaran dan lainnya. Sebaiknya rajin untuk memeriksakan telinga dan jika terjadi sumbatan kotoran maka segera dapat perawatan yang dapat diketahui melalui Halodoc.

Artikel Terkait

Tanya Dokter THT Tentang Cara Mengatasi Telinga yang Berdenging
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email