Thursday, January 9, 2020

Segera Kunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam Gastroenterologi Hepatologi di Tangerang Apabila Mengalami Gejala Berikut!

Dokter
Ilustrasi
Gastroentrologi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran dengan fokus penyakit seluruh sistem pencernaan manusia. Sistem tersebut meliputi kerongkongan, lambung, kandung empedu, usus besar, hati, usus halus, pancreas dan sebagainya. Gastroenterolog ialah sebutan untuk dokter yang menempuh spesialis cabang ilmu ini. Dokter yang mendalami ilmu ini, harus memiliki pengetahuan mendalam tentang fungsi masing-masing organ pencernaan. Hingga akhirnya menjadi dokter spesialis. Apabila Anda ada keluhan bisa mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi di Tangerang.

Sebelum mengikuti pelatihan dibidang gastroenterologi, dokter harus menempuh pendidikan spesialisasi selama 3 tahun. Setelah itu baru mengikuti pelatihan selama kurang lebih 2 hingga 3 tahun. Mereka dilatih untuk membuat evaluasi keluhan dengan tepat, memastikan kenyamanan pasien, menghentikan pendarahan dan pelatihan lainnya. kemudian beberapa gastroenterolog menempuh sub-spesialisasi dibidang kedokteran hepatologi. Bidang ini menangani dan mengobati penyakit lanjutan saluran empedu, pankreas dan hati.

Gangguan penyakit ini bisa dialami oleh pria maupun wanita tanpa memandang umur. Tetapi usia 50 tahun ke atas rentan terhadap kondisi ini. Gejala umum yang sering terjadi ialah sakit perut atau nyeri ulu hati, maag berulang dan tidak kunjung sembuh, mudah lelah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, demam, muntah darah atau buang air kecil keluar darah tanpa sebab pasti, warna kulit dan bagian putih mata menjadi kuning dan sebagainya. Prosedur penanganan yang dilakukan meliputi:

1. Biopsi hati, mendeteksi penyebab peradangan pada organ hati, tumor atau kanker dengan cara mengambil sampel sel dari hati untuk dianalisis di laboratorium oleh ahli patologi. selain itu untuk mendiagnosis dan memantau gangguan hati lainnya seperti hepatitis.
2. Endoskopi, pemeriksaan ini memerlukan selang dengan kamera di ujung untuk melihat saluran pencernaan. Alat yang digunakan dinamakan endoskop. Alat ini bisa dimasukkan melalui hidung, mulut, anus atau irisan kulit yang dibuat khusus. Selain pemeriksaan juga bisa digunakan untuk pembedahan. Sehingga bisa dilakukan bersamaan dengan biopsi.
3. Kolonoskopi, memeriksa keadaan usus dan mendeteksi kemungkinan kanker usus atau adanya polip.
4. Endoscopic retrograde cholangiopancreatography, memeriksa jaringan perut, tumor di saluran empedu serta batu empedu.
5. Sigmoidoskopi, untuk memeriksa penyebab gangguan saluran cerna bawah.
6. Gastroskopi, memeriksa endoskopi saluran cerna atas dan menilai keadaan lambung.

Banyak penyakit yang timbul akibat sistem pencernaan. Termasuk penyakit gastroenterology hepatologi. Berikut beberapa jenis penyakitnya yaitu radang pankreas, kondisi ini dapat terjadi ketika terjadi gangguan enzim yang terdapat dalam saluran pencernaan. Hepatitis, penyebab utamanya ialah infeksi virus. Kondisi ini juga disebabkan organ hati yang mengalami peradangan dan bisa menjadi rusak. Gejala yang umum adalah tubuh tampak menguning disertai mual dan begah di area perut. Tumor atau kanker saluran pencernaan, penyakit ini menyerang di beberapa organ pencernaan seperti pankreas, usus besar, dan beberapa organ lainnya.

Apabila Anda mengalami gejala seperti di atas sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Anda juga bisa mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi di Tangerang. Ketika dilakukan pemeriksaan, dokter akan menanyakan seputar riwayat kesehatan dan gaya hidup terlebih dahulu untuk mendiagnosis kondisi yang dialami. Setelah itu dokter bisa menentukan prosedur dan pengobatan seperti apa yang tepat untuk Anda. Agar kesehatan tidak bertambah parah maka secepatnya dilakukan pemeriksaan. Karena semakin cepat potensi kerusakan pada organ tertentu bisa dikurangi. Sehingga peluang untuk sembuh semakin besar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

Artikel Terkait

Segera Kunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam Gastroenterologi Hepatologi di Tangerang Apabila Mengalami Gejala Berikut!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email