Monday, December 2, 2019

Meski Beracun, Khasiat Tanaman Jarak Ampuh Atasi Kanker

Khasiat Tanaman Jarak

Tahukah buah yang paling beracun di dunia ? Memiliki nama Ricinus Communis, nyatanya tanaman ini lebih dikenal sebagai Tanaman Jarak bagi orang Indonesia. Tanaman yang sering dikembangbiakkan dalam kebun ini, nyatanya menjadi buah paling mematikan di dunia. 

Namun jika diolah dengan benar, tanaman ini mampu memerangi berbagai penyakit kulit hingga kanker. Yuk, kita intip apa saja khasiat Tanaman Jarak pada ulasan berikut. 

Buah Beracun yang Mematikan  
Sadarkah anda, bahwa buah paling mematikan di dunia ini sangat dekat dengan beberapa diantara kita. Jika menggunakan nama aslinya yaitu Ricinius Communis, mungkin orang Indonesia tidak akan mengenalnya. 

Namun di Tanah Air, buah ini lebih dikenal dengan nama Tanaman Jarak. Siapa yang menyangka, tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia ini, menjadi salah satu buah beracun di dunia.  

Tanaman Jarak sangat mudah ditemui pada beberapa tempat di sekeliling kita seperti lahan kosong, kawasan hutan, hingga daerah dekat pantai. Selain itu, Tanaman Jarak pun juga sering dikembang biakkan dalam perkebunan warga. Tanaman ini sering dijadikan atau dimanfaatkan sebagai minyak jarak, untuk keperluan dunia industri atau farmasi. 

Meskipun memiliki racun yang mematikan, tetapi jika diolah dengan benar khasiat Tanaman Jarak sangatlah tinggi. Bahkan kandungan dalam tanaman ini pun ampuh untuk mengatasi penyakit kulit, seperti kulit kering atau kulit yang berjerawat. Tentunya, pengolahan tanaman ini pun tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. 

Hal ini karena Ricinus Communis memiliki sebuah racun, dimana racun tersebut sangat membahayakan dan mematikan di dunia. 

Seperti dilansir Harapan Rakyat, buah yang ada pada Tanaman Jarak mengandung Risin. Risin adalah sebuah senyawa lektin, dan dapat menjadi racun berbahaya baik untuk manusia dan hewan. 

Hindari Mengonsumsi Secara Langsung
Dalam kontak paparan atau terkena beberapa miligram saja, dapat mengancam kehidupan manusia maupun hewan. Senyawa  Risin ini memang memiliki daya toksin yang cukup kuat, sehingga tidak bisa diolah tanpa prosedur yang pasti. Pada sebuah sumber pun menyebutkan bahwa, kadar racun pada buah ini mencapai 6 ribu kali lebih berbahaya dari sianida. 

Meraih gelar buah berbahaya di dunia, sudah pasti kita pun harus berhati-hati dalam menyikapinya. Tentunya sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah Tanaman Jarak secara langsung, bahkan kehebatan racun dari buah ini pun masuk dalam Guiness Book Of World Records pada tahun 2007. 

Ricinus Communis menjadi buah yang 6 ribu lebih beracun dari sianida, dan 12 ribu lebih mematikan dari bisa ular. Kini bisa dibayangkan betapa berbahayanya buah ini, bukan ? Efek jika mengonsumsi secara langsung, dimulai dengan sensasi terbakar di sekitar mulut hingga tenggorokan. Setelah itu, perut pun pasti mengalami diare parah hingga berdarah. Jika tidak segera ditangani, sudah pasti seseorang dapat meninggal dengan cepat. 

Meski Beracun, Tanaman Jarak Efektif Menghilangkan Kanker
Kandungan berbahaya pada tanaman ini, nyatanya dapat menjadi obat yang menyembuhkan jika diolah dengan benar. Bahkan di Afrika pun, mereka berhasil mengolah biji Tanaman Jarak dan menjadikannya minyak. Selain untuk industri, nyatanya olahan lain yang juga bisa dihasilkan oleh buah ini adalah obat penyakit mematikan. 

Dalam dunia kesehatan,  khasiat Tanaman Jarak ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Bahkan khasiatnya pun sedang diteliti, untuk dijadikan obat penyakit berat seperti kanker dan AIDS. Tentunya jika berhasil, dapat menjadi angin kebahagian dalam dunia medis dan masyarakat luas. 

Jika anda ingin menggunakan minyak Jarak untuk mengatasi penyakit kulit, akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis. Memang khasiat Tanaman Jarak untuk kulit sudah banyak diakui oleh masyarakat, namun ada beberapa pula yang tidak kuat menerima zat asing dan menimbulkan alergi. Oleh karena itu, pastikan bahwa kulit anda kuat menerima zat pada tanaman Jarak. 

Mungkin kita tidak akan pernah mengira, tanaman yang sering ditemui ini adalah tanaman dengan buah paling beracun di dunia. Satu buahnya saja sudah lebih berbahaya dari bisa ular, tentu anda harus lebih berhati-hati ketika hendak menggunakan olahan buah Jarak. Meskipun beracun, nyatanya buah jarak pun dipercaya mampu memerangi penyakit mematikan seperti kanker dan juga HIV/AIDS. 

Artikel Terkait

Meski Beracun, Khasiat Tanaman Jarak Ampuh Atasi Kanker
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email